Yunani Tolak Penghematan Tekan Saham Jepang pada Sesi Tengah Hari

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Jepang turun seiring penguatan yen pasca para pemilih Yunani menolak untuk penghematan yang diminta oleh kreditor, mengancam masa depan Yunani di zona euro.

Saham Tosoh Corp anjlok 9,2 % terkait perusahaan pembuat bahan kimia memimpin penurunan pada Indeks Nikkei 225 Stock Average. Saham Toshiba Corp turun 2,7 % setelah laporan perusahaan pembuat barang elektronik tersebut berencana untuk memangkas laba terakhir sebesar 150 miliar yen ($ 1,2 milyar) karena masalah akuntansi. Perusahaan maskapai penerbangan adalah satu-satunya sektor yang mengalami kenaikan di antara 33 kelompok industri pada Indeks Topix.

Indeks Topix turun 1,4 % ke level 1,628.66 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan volume perdagangan sekitar 11 % di bawah 30 hari rata-rata intraday. Sementara itu, Indeks Nikkei 225 melemah 1,6 % ke level 20,215.16. Sedangkan yen, dianggap sebagai aset lindung nilai, menguat 0,7 % ke level 135,44 per euro dan naik 0,1 % terhadap dolar.

Dengan seluruh surat suara yang dihitung, Yunani memperoleh 61,3 % untuk menolak langkah-langkah penghematan yang diprakarsai oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras untuk memenangkan paket bailout lain, menurut angka yang berada di website Kementerian Dalam Negeri. Hasil pemungutan suara tersebut berarti Yunani keluar dari serikat mata uang, menurut JPMorgan Chase & Co. (knc)

Sumber : Bloomberg