PT Rifan Financindo ~ Yen Tekan Saham Jepang & Nikkei

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Saham Jepang jatuh, mengikuti penurunan ekuitas AS, menyusul menurunnya saham eksportir dengan penguatan yen dan saham minyak jatuh setelah harga minyak mentah jatuh.

Indeks Topix tergelincir 1,5 persen ke level 1,304.98 pada istirahat perdagangan di Tokyo, jatuh untuk hari ketiga. Indeks naik dalam dua pekan sebelumnya di tengah ekspektasi Bank of Japan akan mengumumkan langkah-langkah stimulus baru di saat menyimpulkan keputusan langkah kebijakan pada pertemuan 29 Juli nanti. Nikkei 225 Stock Average turun 1,6 persen pada hari Selasa. Yen menguat 1 persen ke level 104,77 per dolar setelah naik 0,3 persen pada hari Senin. Harga minyak turun 2,4 persen di New York kemarin, yang merupakan level terendah sejak 25 April.

Pertemuan kebijakan dua hari BOJ pada hari Jumat dilakukan setelah keputusan Federal Reserve pada suku bunga sehari sebelumnya. 32 dari 41 responden yang disurvei Bloomberg News memperkirakan bahwa BOJ akan melonggarkan kebijakan moneter bulan ini. Surat kabar Nikkei melaporkan bahwa pemerintah berencana untuk menggandakan pengeluaran fiskal bersih sebesar 6 triliun yen ($ 570miliar). Di AS, pedagang melihat peluang untuk kenaikan suku bunga pada bulan Juli sebesar 8 persen, turun dari 54 persen pada dua bulan sebelumnya. ( Bloomberg )

Indeks Nikkei Jepang jatuh ke dekat level 2 minggu terendah pada hari Selasa imbas penguatan yen menguat terhadap dolar menjelang pertemuan kebijakan AS Federal Reserve sehingga melemahkan saham eksportir.

Nikkei turun 1,4 persen untuk mengakhiri hari di level 16,383.04 poin. Level itu merupakan level penutupan terendah sejak 13 Juli.

Indeks Topix juga turun 1,4 persen ke level 1,306.94 dan JPX-Indeks Nikkei 400 kehilangan 1,4 persen ke level 11,750.11 ( reuters )

PT RIFAN FINANCINDO