Yen Reli di tengah Kekhawatiran Cina seiring Aussie Raih Start Terburuk Tahunan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Yen menguat ke level tertinggi sejak Agustus seiring dolar Australia jatuh untuk mengalami start tahunan terburuk sejak mulai diperdagangkan secara bebas di tengah kekhawatiran ekonomi China yang sedang berjuang untuk mendapatkan kembali momentum.

Mata uang Australia dan Selandia Baru di zina merah di tengah krisis di Cina, pembeli terbesar komoditas yang merupakan konsumen kunci bagi kedua negara. Kekhawatiran bahwa perlambatan negara dengan ekonomi terbesar di Asia mungkin semakin dalam memburuk saat bank sentral memangkas suku bunga acuan yuan ke level terendah sejak Agustus pada hari Kamis seiring mata uang China merosot ke level terendah dalam lima tahun. Yen menguat terhadap 16 mata uang utama seiring merosotnya saham di seluruh dunia, memacu permintaan untuk havens.

Yen menguat 0,4 persen ke level 118,01 per dolar pada pukul 12:06 siang waktu Tokyo, setelah melonjak ke level 117,67, yang merupakan level terkuat sejak 24 Agustus. Yen naik 0,1 persen ke level 127,66 terhadap euro. (sdm)

Sumber: Bloomberg