Yen Naik Ke Level Tertinggi Sejak Agustus Lalu

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Yen menguat ke level tertinggi sejak Agustus lalu seiring meningkatnya aset terkait dengan pertumbuhan China yang meminta spekulan untuk mengubah bullish pada mata uang utama untuk pertama kalinya sejak 2012.

Mata uang Jepang naik 3 % pada tahun ini terhadap dolar, kenaikan terbesar di antara 31 mata uang utama di dunia, diiringi pengurangan tingkat referensi mata uang yuan selama 8 hari sampai hari Kamis menjadikan gejolak di pasar keuangan. Jumat lalu, Dolar menghentikan penurunan mingguan terbesar terhadap yen sejak Agustus 2013 bahkan karena data menunjukkan pada bulan Desember pengusaha di AS menambahkan pekerjaan melebihi perkiraan para ekonom. Sedangkan mata uang Rand Afrika Selatan jatuh ke rekor terendahnya, Senin.

Yen menguat 0,1 % ke level 117,15 per dolar pada pukul 9:54 pagi waktu Singapura setelah sebelumnya menyentuh level 116,70, yang merupakan level tertinggi sejak 24 Agustus lalu. Sementara itu, Pasar perdagangan di Jepang hari ini ditutup untuk liburan publik. (knc)

Sumber : Bloomberg