Yen Menjadi Yang Terburuk Bulan Ini Namun Masih Terbaik Dalam Tahun Ini

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Penurunan yen bulan ini mengakibatkan yen menjadi mata uang berkinerja terburuk di dunia, bahkan setelah mata uang Jepang mempertahankan mahkotanya sebagai yang terkuat di antara mata uang dunia lainnya tahun ini.

Yen sedikit berubah karena hedge fund dan spekulan lainnya yang pernah menumpuk taruhan terbesar pada yen sejak 2008 menunggu keputusan kebijakan Bank of Japan pada hari Selasa di Tokyo dan pengumuman dari bank sentral AS yang dirilis hari Rabu di Washington. Yen adalah satu-satunya dari mata uang dunia utama lainnya yang telah turun terhadap dolar pada bulan Maret, setelah melonjak ke level terkuat sejak Oktober 2014 pada bulan lalu karena para investor mencari aset yang paling aman di tengah gejolak dalam saham-saham global.

Yen berada di 113,82 per dolar AS pada pukul 9:44 pagi di Tokyo. Meskipun telah turun 1 persen dalam bulan ini, mata uang tersebut tetap 5,6 persen lebih tinggi selama tahun ini, yang terbesar di antara 10 Kelompok mata uang dunia lainnya. Mata uang Jepang menguat 0,1 persen pada hari Selasa menjadi 126.31 per euro.(frk)

Sumber: Bloomberg