Yen Menguat Terhadap Dolar Terkait Pernyataan Kuroda

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Yen memangkas penurunan dua hari terhadap dolar setelah Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengatakan pelonggaran moneter tidak menjanjikan pelemahan mata uang atau penguatan ekuitas.

Yen menguat terhadap 15 dari 16 mata uang utama karena pedagang menimbang apakah BOJ akan memperkenalkan langkah-langkah kebijakan lebih lanjut untuk mendukung pertumbuhan dan inflasi pada pertemuannya pada tanggal 27-28 April mendatang. Pelemahan mmata uang tersebut ke level terendah pada hari Selasa adalah berlebihan, kata Sue Trinh, kepala strategi valuta asing Asia dari Royal Bank of Canada yang berbasis di Hong Kong.

Mata uang Jepang naik 0,1 persen menjadi 109,06 per dolar pada pukul 11:37 siang di Tokyo, setelah kehilangan 0,4 persen dalam dua hari sebelumnya. Yen naik ke level tertinggi 17-bulan di 107,63 pada 11 April. Yen naik 0,1 persen menjadi 123,87 per euro.

Kuroda mengatakan pada hari Rabu bahwa ia tidak akan ragu untuk mengambil langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut jika diperlukan. BOJ secara mengejutan mengadopsi keputusan suku bunga negatif pada 29 Januari. Sejak itu yen telah naik sekitar 11 persen terhadap greenback.(frk)

Sumber: Bloomberg