Yen Menguat Ke Level Tertinggi Dalam 18 Bulan Terakhir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Awal tahun terbaik untuk Yen di lebih dari dua dekade yang mendorong beberapa pedagang mengharapkan Bank of Japan meningkatkan penggunaan dari intervensi verbal untuk memperingatkan spekulan.

Mata uang Jepang melonjak ke level tertinggi dalam 18-bulan terakhir terhadap dolar pada hari Jumat, siap untuk keuntungan bulan ketiga. Yen telah menguat 12 persen dalam tahun ini, terbesar sejak penguatan 18 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 1995. daya tarik mata uang safe-haven dalam lingkungan pertumbuhan global yang tidak menentu telah diperkuat oleh pertanyaan tentang efektivitas bank sentral setelah keputusan untuk menerapkan suku bunga negatif menjadi bumerang, menghantarkan yen lebih tinggi dan menekan saham-saham lokal. Pasar saham Jepang ditutup pada hari Jumat untuk hari libur nasional.

Yen melonjak 1 persen menjadi 107,09 per dolar pada pukul 9:12 pagi di London setelah mencapai 106,91, level terkuat sejak Oktober 2014. Yen telah naik sekitar 5 persen pada bulan April terhadap greenback. Mata uang Jepang terapresiasi setidaknya 1 persen terhadap 16 mata uang utama dalam bulan ini.(frk)

Sumber: Bloomberg