Waspadai IHSG Kembali Tersengat Kejatuhan

\Waspadai IHSG Kembali Tersengat Kejatuhan\RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini diperkirakan akan berada pada rentang support 4.105-4.110 dan resisten 4.135-4.150. Minimnya sentimen positif dari dalam serta kondisi Rupiah yang tak kunjung membaik masih menjadi faktor IHSG terkoreksi hari ini.

Kepala Riset dari PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, Masih maraknya sentimen negatif membuat bertambahnya aksi jual pelaku pasar. Hal tersebut tentu mempengaruhi laju IHSG yang cenderung kembali melanjutkan pelemahannya.

“Semua sektor terkena aksi jual. Saham-saham pun mayoritas berguguran kembali meskipun masih ada saham-saham yang menguat namun, lebih banyak didominasi oleh saham-saham lapis kedua,” tutur Reza dalam risetnya, Selasa (29/9/2015).

Bukan hanya itu, lanjut Reza, kondisi bursa saham global yang mulai meredup juga menjadi pengaruh yang buruk bagi IHSG. Laju bursa saham Asia hanya dapat bergerak flat seiring minimnya sentimen positif. Meski bursa saham Tiongkok dan sekitar mampu menguat namun, tidak diikuti oleh semua bursa saham Asia.

Kemudian, laju bursa saham Eropa kembali melemah terimbas laju bursa saham Asia. Selain itu, perkiraan penurunan pada kinerja perusahaan-perusahaan industri di Tiongkok dan adanya kekhawatiran akan perlambatan pemulihan di Tiongkok, memberikan tekanan pada laju bursa saham AS.

“Apalagi dengan kembali melemahnya sejumlah bursa saham global maka IHSG pun dapat kembali tersengat pelemahan. Tetap mewaspadai kemungkinan peluang pelemahan lanjutan. Untuk itu, tetap cermati sentimen yang ada,” pungkasnya.

(rzy)

Sumber : http://economy.okezone.com