Volume Terendah Sejak Awal Tahun

beiRIFAN FINANCINDO – Bursa Efek Indonesia mencatat penurunan volume transaksi di bulan November, penurunan transaksi ini seiring terkoreksinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG turun 2,06% sepanjang November ke posisi 6.100,24 pada Jumat (22/11).

Volume transaksi bursa November pun merosot hampir setengah volume transaksi bulan sebelumnya. Berdasarkan data Bloomberg, volume transaksi harian rata-rata pada bulan November mencapai 6,67 miliar saham. Angka ini turun 46,72% ketimbang volume transaksi bulan Oktober yang mencapai 12,52 miliar saham per hari.

Volume transaksi harian rata-rata November ini merupakan volume transaksi terendah sejak awal tahun. Bahkan, volume transaksi ini jauh lebih kecil ketimbang terendah kedua, yakni bulan Mei yang mencapai 9,20 miliar saham per hari.

Tak cuma volume transaksi yang merosot, ada banyak saham yang bergerak di luar kebiasaan. Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan 16 saham dalam kategori bergerak di luar kebiasaan atawa unusual market activity (UMA) sepanjang bulan November.

Paling baru, BEI melihat penurunan harga saham di luar kebiasaan pada PT Andira Agro Tbk (ANDI) dan PT Pikko Land Development Tbk (RODA) pada Jumat (22/11).

 

Sumber : kontan