USD Diramal Melemah, Rupiah Bakal Terus Menguat

USD Diramal Melemah Rupiah Bakal Terus MenguatRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Laju rupiah diprediksi masih akan menjaga tren penguatan di saat laju dolar Amerika Serikat (USD) diyakini cenderung melemah. Hal ini lantaran adanya rilis penurunan jumlah cadangan minyak mentah AS dan berimbas positif pula pada saham-saham energi global untuk turut memberikan dampak positif kepada mata uang Garuda.

“Dengan adanya pergerakan positif pada laju harga minyak mentah dunia maka diharapkan dapat kembali memberikan sentimen positif pada laju rupiah yang dapat mengkonfirmasi peluang penguatan lanjutan meski kenaikan yang terjadi tidak cukup signifikan,”ucap Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Dia memprediksi rupiah akan berada di level support Rp13.620/USD serta resisten Rp13.610/USD, meski tetap harus cermati sentimen yang ada terhadap laju rupiah. Sementara sentimen selanjutnya datang dari rencana The Fed untuk menaikan kembali suku bunganya di Juni atau Juli sementara ini di anggap positif untuk memberikan kepastian kepada pelaku pasar.

“Dengan adanya kecenderungan positif tersebut mengurangi tekanan bagi pergerakan Rupiah,” tandasnya.

Sementara itu laju laju IHSG yang sedang mencoba membentuk tren kenaikannya diprediksi kembali di hadang dengan mulai adanya aksi ambil untung yang menahan peluang penguatan lanjutan. Dengan kondisi tersebut maka laju IHSG pun diperkirakan akan kembali bergerak variatif dengan kecenderungan menguat terbatas dimana dimungkinkan kembali diselingi dengan adanya pelemahan.

Sumber : http://ekbis.sindonews.com