Topix Melamah Ditengah Penurunan Harga Komoditi Jelang Laba Jepang

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh ditengah kemerosotan harga komoditas serta penurunan laba di AS sehingga meningkatkan kekhawatiran investor menjelang awal musim laba di Jepang.

Indeks Topix turun 0,7% menjadi 1,644.60 pada 09:01 pagi di Tokyo, dengan semua kecuali dua dari kelompok industri 33 nya menurun, setelah Indeks saham turun 0,4% pekan lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,7% menjadi 20,401.27. Minyak ditetapkan untuk penurunan menuju bear bear seiring aktifitas pengeboran minyak AS ditengah melimpahnya pasokan minyak global. Laba yang lemah di AS telah memperburuk sentimen karena investor menunggu laporan keuangan pekan ini dari perusahaan Jepang seperti Fanuc Corp, Sony Corp dan NTT DoCoMo Inc.

Penurunan harga komoditas telah memaksa harga minyak mentah ke bear market dan mengirim emas ke level terendah lima tahun. Minyak berjangka sedikit berubah di New York setelah membukukan penurunan 5% pekan lalu. Emas berjangka di New York yang siap untuk penurunan bulanan tertajam dalam dua tahun terakhir.

Musim laba AS telah mengalami tutun-naik sejauh ini, dengan lamban nya permintaan di luar negeri meredam kembali untuk perusahaan multinasional pada saat yang sama karena penguatan dolar yang mendekati level tertinggi nya sejak April. Sementara Apple Inc hingga Caterpillar Inc dan Microsoft Corp, parade perusahaan blue-chip telah mengecewakan investor dalam dua pekan terakhir.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 turun kurang dari 0,1% setelah Indeks saham AS turun 1,1% pada hari Jumat. Indeks saham jatuh karena harga komoditas merosot dan dolar menguat di tengah tanda-tanda perlambatan di China baru baru ini serta pasar perumahan AS.(yds)

Sumber: Bloomberg