Topix Jepang Hapus Gain Pasca Kenaikan Hari Ke Tujuhnya Pada Sesi 1

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks Topix Jepang menghapus gain setelah sebelumnya mengalami kenaikan selama tujuh hari karena perusahaan pemberi pinjaman konsumen dan asuransi memimpin penurunan.

Saham Aiful Corp turun 2,9%, memimpin perusahaan pemberi pinjaman konsumen ke level terendah, sementara asuransi Anicom Holdings Inc tenggelam 5,2 %. Hitachi Metals Ltd naik 3,1% setelah meluncurkan rencana untuk mengakuisisi Wisconsin berbasis Waupaca Foundry Inc Cosmo Oil Co turun 1,5%. Saham NGK Spark Plug Co naik 2,4% karena dinilai mengungguli performa pada saham SMBC Nikko Securities Inc.

Indeks Topix turun 0,1% ke level 1,279.54 pada sesi istirahat perdagangan di Tokyo setelah naik sebanyak 0,3%. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,1 persen ke level 15,441.70. Saham naik sebelumnya setelah data AS menunjukkan inflasi tetap terkendali dan pembangunan perumahan kembali pulih.

Topix kembali pulih 13 persen dari rendah tahun ini pada tanggal 14 April sampai kemarin di tengah optimisme mengenai ekonomi global dan spekulasi dana pensiun pemrintah Jepang senilai $ 1.2 triliun yang akan membeli lebih banyak saham domestik Indeks Topix diperdagangkan pada 1,2 kali nilai buku kemarin dibandingkan dengan 2,7 untuk Indeks Standard & Poor 500 dan 1,8 untuk Indeks Stoxx Europe 600.(yds)

Sumber: Bloomberg