Tips Investasi Emas yang Menguntungkan

1232RIFAN FINANCINDO – Kondisi yang serba tidak pasti akibat pandemi membuat sebagian orang cenderung melakukan pengalihan aset ke yang lebih aman, seperti emas.

Investasi Emas kini tak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berduit, bahkan kamu pun yang mungkin masih bergaji pas-pasan bisa melakukannya.

Logam mulia yang satu ini enggak hanya minim risiko saja, melainkan juga nilainya cenderung stabil dan bersifat likuid alias mudah dicairkan.

Selain itu, proses pembelian emas yang mudah juga menjadi faktor lainnya mengapa masyarakat menggemari investasi jenis ini.

Sudah paham betapa pentingnya investasi emas untuk kehidupan finansialmu, kan? Nah, sekarang saatnya kamu menjajal dunia investasi logam mulia ini. Enggak perlu khawatir meski kamu termasuk newbie dengan gaji minimalis.

Berikut tips investasi emas yang menguntungkan :

1. Buat perencanaan

Investasi emas yang menguntungkan itu dimulai dari perencanaan atau tujuan yang dibuat dengan jelas. Pasalnya, kalau kamu hanya mengikuti tren membeli emas kemudian dijual sewaktu-waktu, justru hanya akan membuatmu merugi saja.

Oleh karenanya, kamu harus menentukan terlebih dulu tujuan dari investasi emas yang dilakukan. Entah itu untuk tabungan pendidikan masa depan, biaya naik haji, atau bahkan untuk biaya menggelar pesta pernikahan.

2. Pantau harga emas

Saat berinvestasi emas, kamu mau tak mau harus selalu memantau harga logam mulia tersebut dan Grafik Harga Emas . Di Tokopedia, marketplace terbesar dan terpercaya Indonesia, kamu bisa mengetahui update tren harga emas setiap harinya dalam bentuk grafik, tabel, ataupun informasi. Di samping itu, kamu juga bisa melihat grafik harga emas mulai dari per hari, 7 hari, atau 30 hari ke belakang.

3. Kemampuan finansial

Kamu wajib menyesuaikan kemampuan finansial yang dimiliki. Karena serupa dengan investasi lainnya, investasi emas juga membutuhkan dana lebih. Maka dari itu, selalu sesuaikan investasi yang dilakukan dengan kemampuan finansial mu.

Nah, bagi kamu yang mau investasi logam mulia dan membutuhkan dana awal, kamu bisa mengajukan Pinjaman Online Terpercaya di Tokopedia.

4. Pilih jenis emas yang sesuai

Perlu kamu ketahui bila emas itu memiliki banyak jenisnya. Mulai dari logam mulia hingga emas kuno, semuanya memiliki nilai yang berbeda. Sebagai pemula, sangat disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Karena investasi logam mulia lebih menguntungkan dan lebih tepat sebagai simpanan masa depan ketimbang perhiasan.

Kelebihan investasi logam mulia terletak pada harga jualnya yang cenderung tinggi. Berbeda dengan emas perhiasan yang harga jualnya sedikit lebih rendah karena beberapa faktor, seperti jumlah karat, biaya pembuatan, nilai seni, depresiasi atau penurunan harga, dan model.

5. Perhatikan tempat penyimpanan emas

Kecerobohan dalam berinvestasi emas bisa saja terjadi dan ini juga termasuk salah satu risiko paling fatal, bila logam mulia yang dimiliki cacat atau bahkan hilang.

Umumnya, penyimpanan emas bisa dilakukan di rumah dengan menaruhnya ke dalam brankas khusus. Namun, untuk meningkatkan keamanan, kamu bisa menggunakan layanan safe deposit box, yang biasanya disediakan oleh bank khusus untuk menyimpan barang berharga milik nasabah.

 

Sumber : okezone