Tingkat Pengangguran Di Inggris Tetap Sebesar 6% Pada Bulan Sepetember

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Tingkat pengangguran di Inggris berada di posisi terendah enam tahun pada kuartal ketiga dan pertumbuhan upah meningkat dikarenakan pasar tenaga kerja terus mengalami pemulihan.

Tingkat pengangguran menurut International Labor Organization (ILO) adalah sebesar 6%, sama seperti dalam tiga bulan terakhir hingga Agustus lalu, Kantor Statistik Nasional mengatakan di London hari ini. Tingkat gaji tumbuh sebesar 1% per tahun, lebih cepat 0,8% dari yang diperkirakan oleh para ekonom dalam survei Bloomberg, dan melampaui inflasi untuk pertama kalinya sejak 2009.

Bank of England (BOE) mempertahankan suku bunga utamanya pada 0,5% pekan lalu ditengah tanda-tanda bahwa pertumbuhan ekonomi melemah. Meningkatnya pertumbuhan upah dapat memperkuat pandangan para minoritas di Komite Kebijakan Moneter bulan lalu bahwa kenaikan suku bunga segera diperlukan untuk menghentikan pembangunan. Gubernur BOE Mark Carney menunjukan perkiraan ekonomi yang baru pada konferensi pers pada10.30 pagi di London.

Para ekonom telah memperkirakan bahwa tingkat pengangguran menurut ILO akan jatuh menjadi 5,9% pada kuartal ketiga, berdasarkan perkiraan rat-rata dalam survei Bloomberg. Tingkat pengangguran turun sebesar 115.000 sampai 1,96 juta dan jumlah yang berkerja naik sebesar 112.000 sampai 30.800.000.

Tidak termasuk bonus, pertumbuhan gaji berakslerasi sebesar 0,4 persentase poin menjadi 1,3%, mengalahkan inflasi harga konsumen untuk pertama kalinya sejak September 2009, ungkap Office for National Statistics (ONS). Inflasi berada di 1,2%.

Laporan terbaru menunjukkan pelemahan dalam kegiatan ekspor ke wilayah euro menurun, pertumbuhan jasa turun ke level 17-bulan terendah dan harga rumah jatuh. Investor telah mendorong kembali spekulasi pada kenaikan suku bunga pertama sebesar seperempat poin yang melampaui Oktober mendatang

Jumlah pengangguran menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja mungkin akan kehilangan beberapa momentumnya, dengan tingkat pengangguran gagal turun untuk pertama kalinya sejak tiga bulan hingga Januari. Angka bulanan eksperimental menunjukkan bahwa tingkat pengangguran naik menjadi 6,1% pada September dari 5,9% pada Agustus.

Klaim pengangguran turun 20.400 pada bulan Oktober, seiring dengan 20.000 penurunan yang diperkirakan oleh ekonom dalam survei Bloomberg. Klaim pengangguran turun sebanyak 18.400 pada bulan September.(yds)

Sumber: Bloomberg