Tambah saldo kartu tol dengan Whatsapp

Jalan tol Reformasi Makassar dari PT Bosowa Marga Nusantara BMN grup PT Nusantara Infrastructure Tbk (META).RIFAN FINANCINDO – Tambah saldo atau top up kartu tol tidak harus ke bank atau ATM. Kini pengguna jalan tol bisa tambah saldo kartu tol melalui aplikasi Whatsapp.

Pengelola Jalan Tol Makassar, PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) yang merupakan anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) meresmikan sistem pengisian ulang (top up) uang elektronik (Unik) melalui aplikasi Whatsapp mulai Jumat, 24 Juli 2020.

Direktur utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) Anwar Toha mengatakan, sistem ini merupakan layanan pertama yang diaplikasikan di jalan tol dan Tol Makassar menjadi BUJT pertama yang menyediakan fasilitas ini. “Para pengguna jalan tol yang kehabisan saldo tidak perlu khawatir karena dengan cara yang cepat dan praktis, mereka dapat melakukan pengisian kartu tol dengan mudah dimanapun dan kapanpun,” kata Anwar, Jumat (24/7).

Sebelumnya, manajemen Tol Makassar telah menerapkan pembayaran tol secara elektronik sejak November 2018. Manajemen Tol Makassar tadinya telah menyediakan layanan pengisian kartu di gerbang tol maupun posko pelayanan top up yang tersebar di pintu-pintu masuk tol. Namun, di tengah pandemi Covid 19, pertukaran uang kartal melalui transaksi tunai merupakan salah satu sumber transmisi dari penularan virus Covid-19.

Dus manajemen Tol Makassar memberikan solusi dengan menyediakan layanan pengisian Unik melalui sistem pembayaran non tunai atau cashless. Fasilitas ini dapat digunakan untuk seluruh pengguna IOS dan Android.

Manajemen Tol Makassar berkolaborasi dengan berbagai mitra perbankan yakni Bank Mandiri dan Bank BNI untuk mempermudah para pengguna tol dalam bertransaksi. Khusus untuk Bank BRI dan Bank BCA, layanan top up melalui WhatsApp ini baru dapat digunakan pada bulan Agustus 2020.

Pengisian ulang uang elektronik via WhatsApp saat ini hanya dapat dilakukan untuk jenis kartu E-Money dan Tapcash. Para pengguna jalan yang ingin melakukan top up uang elektronik via WhatsApp dapat mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Scan QR Code yang tertera pada gardu dan palang di Seluruh Gerbang Tol Makassar atau simpan nomor WhatsApp ini 0811-7155-777 dikontak Anda.
2. Klik start.
3. Pilih top up kartu.
4. Untuk top up kartu tol harap memasukkan nomor yang tertera pada kartu.
5. Transaksi dapat dilakukan melalui transfer bank, OVO dan Aplikasi Isiin Aja.
6. Update saldo E-Money (Bank Mandiri) dapat dilakukan melalui Aplikasi Isiin Aja (download pada play store), sedangkan saldo TapCash (BNI) dapat di update melalui aplikasi TapCash Go (download pada play store), atau ATM/EDC bank yang bersangkutan.

Tidak hanya top up kartu tol saja, layanan transaksi melalui aplikasi WhatsApp ini juga dapat digunakan untuk bertransaksi dalam hal membeli pulsa, membayar tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan TV Kabel, PDAM, dan tagihan BPJS.

 

Sumber : kontan