Strategi Pertamina Atasi ‘Gejolak’ Harga Minyak

RIFANFINANCINDO – Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan harga minyak dunia yang terjun bebas, menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan migas, termasuk PT Pertamina (Persero).

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengakui sejumlah efisiensi perlu dilakukan guna menahan dampak turunnya harga minyak ini.

“Tantangan yang paling besar saat ini adalah harga minyak dan nilai tukar dolar. Kita ke depan belum bisa mengharapkan tembus US$ 100 per barel sehingga kita harus punya strategi membuat aktivitas efisien,” ungkapnya saat berbincang dengan media di Hotel Aston, Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (22/7/2016).

Untuk menghadapi situasi tersebut, Pertamina memiliki strategi prioritas dalam mempertahankan kinerjanya. Prioritas BUMN energi ini ialah komitmen melakukan kegiatan eksplorasi di upstream, efisiensi operasional, peningkatan kapasitas dan kualitas, pengembangan pemasaran, dan manajemen keuangan.

“Kita komit melakukan kegiatan eksplorasi. Bukan hanya mencari dan menemukan tapi juga men-develop. Artinya kita mencari prospek bukan hanya ditemukan tapi juga diproduksikan,” tandasnya.

Kebutuhan minyak dalam negeri yang masih jauh dari jumlah produksi minyak saat ini membuat Pertamina fokus dalam mencari sumber-sumber ladang minyak, hingga ekspansi ke luar negeri guna memenuhi permintaan minyak di Indonesia.

“Kemampuan produksi kita 830.000 barel, demand 1 jutaan (barel). 800.000 juga karena ada lokasi Banyu Urip (MCL) di Cepu yang kasih produksi besar. Jadi selain mencari produksi domestik, kita perlu melakukan ekspansi ke luar. Meskipun cadangan minyak kita masih 3-4 miliar barel tapi kebutuhan terus meningkat. Pertamina sudah mengantisipasi itu. Tujuannya mendapatkan resources di luar yang nanti bisa kita produksikan tapi dibawa ke Indonesia. Ini membantu Indonesia mencapai ketahanan energi,” pungkasnya.

Sumber : http://finance.detik.com/

PT Rifan Financindo

RifanFinancindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.