Strategi Marketing dalam Bidang Teknologi Komunikasi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Di jaman serba modern ini, kemajuan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Kurang lebih ada 6 jenis teknologi yang dikenal dan digunakan yaitu:

– Teknologi komunikasi memudahkan masyarakat untuk bertukar informasi. Contohnya seperti sehari-hari yang sudah kita kenal yaitu ponsel atau gadget.

– Teknologi Industri, adalah teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam memproduksi kebutuhannya.

– Teknologi perencanaan; teknologi yang ada menjadi basis untuk merencanakan teknologi baru yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

– Teknologi kesehatan, untuk memudahkan masyarakat menjaga kesehatan.

– Teknologi olahraga dan rekreasi, sebagai sarana masyarakat untuk berolahraga dan berlibur.

– Teknologi transportasi, untuk memudahkan masyarakat dalam berpergian ke tempat lain.

Bisnis dalam bidang teknologi pun berkembang cepat. Salah satu bisnis teknologi yang sekarang sedang menjadi perhatian banyak orang adalah bisnis teknologi komunikasi yang meliputi penjualan ponsel smartphone, gadget, laptop dan komputer. Para pebisnis yang menjalani usaha ini melakukan banyak cara untuk memajukan bisnis mereka yang dalam dunia bisnis dikenal sebagai strategi marketing. Berikut adalah tiga jenis strategi pemasaran yang wajib anda lakukan jika anda seorang pebisnis di bidang teknologi komunikasi.

  • Memperhatikan trend

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi sangatlah berkembang dengan cepat. Belum ada beberapa bulan setelah keluaran teknologi terbaru, akan muncul lagi jenis teknologi canggih yang lainnya. Jika anda membuka bisnis ini, anda harus pintar-pintar mengikuti trend yang sedang ada di kalangan masyarakat. Jangan biarkan bisnis anda ini masih menjual barang-barang yang sudah tidak ada peminatnya lagi. Dengan begitu, bisnis anda ini dapat bersaing dengan bisnis teknologi komunikasi yang lainnya.

  • Melakukan promosi

Ini merupakan strategi marketingyang wajib anda lakukan jika anda membuka bisnis apapun itu jenisnya. Mempromosikan bisnis anda kepada masyarakat dapat dilakukan dengan banyak cara. Anda dapat memulainya dengan memperkenalkan bisnis anda kepada keluarga, sahabat, dan teman-teman dekat anda lebih dahulu. Setelah itu anda dapat mulai mengembangkan jenis promosi yang anda gunakan seperti penyebaran brosur dan pamflet. Anda juga bisa membuat poster atau spanduk dengan desain yang unik dan menarik yang bisa anda pasang di berbagai sudut jalan agar dapat menarik perhatian banyak orang. Selain itu ada dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan media massa seperti televisi, radio, surat kabar dan majalah, tetapi mungkin dengan biaya yang cukup besar. Jangan lupakan pula keberadaan internet sehingga promosi melalui media sosial pun bisa anda lakukan.

  • Pilih lokasi strategis

Strategi marketing yang selanjutnya ini mungkin menjadi penentu dalam kemajuan sebuah bisnis seperti properti dan kuliner dan tidak ketinggalan bisnis teknologi yang anda jalankan. Pilihlah lokasi yang strategis, biasanya di tengah-tengah kota dan di pinggir jalan raya agar bisnis anda bisa dengan mudah dilihat dan diakses orang banyak. Selain letaknya, anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar yaitu masalah kebersihan, kenyamanan, dan yang paling penting juga adalah masalah keamanan lokasi yang anda pilih.

Itulah tiga jenis strategimarketingyang wajib anda lakukan jika anda seorang pebisnis di bidang teknologi komunikasi. Dengan melakukan strategi dalam hal pemasaran ini, anda berarti telah berusaha untuk memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat luas sehingga masyarakat tahu dan mengenal bisnis yang anda jalankan. Selain melakukan strategi marketing yang baik, anda juga tentunya harus tekun dan rajin dalam mengelola bisnis anda agar dapat berkembang.