Spekulasi Bantuan Bank Sentral Mencuat, Saham Eropa Melonjak di Hari Kedua

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa menguat untuk hari kedua, menghapus penurunan mingguan di tengah meningkatnya kepercayaan investor bahwa bank sentral akan bertindak untuk mendukung pasar.

Stoxx Europe 600 Index naik 2 persen ke level 335,08 pada pukul 08:18 pagi waktu London. Indeks sedang menuju kenaikan mingguan 1,6 persen, setelah meraih kenaikan terbesar dalam sebulan kemarin menyusul indikasi Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi bahwa kebijakan moneter akan kembali9 ditinjau pada awal Maret.

Bank-bank sentral kembali menjadi pusat perhatian seiring ketidakpastian atas pertumbuhan China mengguncang pasar keuangan internasional, dan penurunan berkepanjangan harga minyak menempatkan target inflasi di luar jangkauan. Stoxx 600 telah jatuh 8,4 persen tahun ini dan memasuki pasar beruang minggu lalu, sementara indeks Standard & Poor 500 telah mengalami start tahunan terburuk sejak 2008.

Di antara saham yang bergerak di berita perusahaan saat ini, Tod SpA naik 6,3 persen setelah melaporkan penjualan yang lebih baik dari perkiraan untuk kuartal keempat dan setahun penuh. Sandvik AB menguat 4,9 persen setelah mengatakan bahwa mereka telah menunjuk Electrolux AB Chief Financial Officer Tomas Eliasson sebagai CFO baru. (sdm)

Sumber: Bloomberg