Spekulan Naikkan Beli Bersih USD Secara Keseluruhan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Data posisi saham berjangka untuk pekan yang berakhir 6 Januari 2014, melihat dana leveraged menaikkan bersih posisi beli USD mereka secarimagesa keseluruhan sebesar USD 1,0 miliar untuk mencatat rekor tertinggi baru, catat ANZ.

Kutipan penting

“Dana Leveraged meningkatkan keseluruhan posisi beli bersih USD sebesar USD 1,0 miliar untuk mencatat rekor tertinggi baru di USD 37,7 miliar untuk minggu kedua. Tidak seperti minggu sebelumnya dimana penjualan didominasi oleh EUR, GBP dan JPY, kenaikan minggu ini dalam posisi USD didorong oleh penjualan CHF dan mata uang komoditas.”

“Penyumbang terbesar untuk minggu ini adalah penjualan bersih CHF, sebesar USD 1,0 miliar. Posisi jual bersih di CHF meningkat menjadi USD 2,6 miliar dari USD 1,7 miliar (lihat Gambar 6 di PDF). Demikian pula, mata uang komoditas melihat penjualan bersih dengan jumlah yang sama sebesar USD 0,8 miliar, di mana AUD bertanggung jawab sebesar USD 0,7 miliar dari jumlah itu. Untuk minggu kedua berturut-turut, NZD melawan tren di antara mata uang komoditas, mencatat jumlah pembelian bersih yang sangat kecil.”

“Penjualan bersih di EUR teredam setelah penjualan tiga minggu berturut-turut, dengan posisi jual bersih tetap sebagian besar tidak berubah di USD 19,1 miliar. Sementara EUR/USD terus mencatat terendah baru (menembus di bawah 1,18 pada satu titik), perlu dicatat bahwa posisi jual bersih tetap cukup jauh dari posisi jual bersejarah pada bulan Juni 2012.”

“Pembelian bersih JPY dan GBP telah tercatat pekan ini, pembalikan dari penjualan bersih minggu sebelumnya. Posisi jual bersih JPY dan GBP berkurang menjadi USD 8,4 milir dan USD 0,3 miliar dari masing-masing USD 8,9 miliar dan 0,7 miliar.”

 

Sumber : http://www.fxstreet.web.id