Shanghai Composite Menguat Terkait Keputusan The Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks saham China telah bersiap untuk naik setelah Federal Reserve AS memutuskan untuk tidak menaikkan suku bunga.

Indeks Shanghai Composite naik 0,5% ke level 3,254.44 pada pukul 09:26 pagi waktu setempat. Indeks tersebut turun 2,1% ke level 3,086.06 pada hari Kamis, dengan kerugian yang terjadi dalam 30 menit terakhir perdagangan dan memperpanjang kerugian pekan ini menjadi 3,6%. The Fed mempertahankan kebijakan suku bunga tidak berubah, menunjukkan keengganan untuk mengakhiri era stimulus moneter di masa gejolak pasar saham, meningkatkan resiko internasional dan perlambatan inflasi di dalam negeri.

Kenaikan tingkat suku bunga AS akan berdampak negatif bagi China seiring hal tersebut akan memacu lebih banyak lagi pelarian modal, depresiasi mata uang dan volatilitas pasar saham, Liao Qun, kepala ekonom dari Citic Bank International Ltd. mengatakan.

Poly Real Estate Group Co dapat memimpin keuntungan bagi sektor pengembang. Kenaikan harga rumah baru pada bulan Agustus menyebar ke lebih dari 70 kota-kota yang dipantau oleh pemerintah, data resmi pada hari Jumat diperkirakan menunjukkan, menurut analis.

Indeks Hong Kong Hang Seng China Enterprises naik 0,6%, memperpanjang kenaikan pekan ini menjadi 2,5%, keuntungan untuk minggu kedua.

Indeks CSI 300 turun 2,2%. Indeks Hang Seng turun 0,5%. Indeks Bloomberg China-US Equity, ukuran dari perusahaan-perusahaan AS yang terdaftar paling diperdagangkan di China, melemah 0,4% di New York.(frk)

Sumber: Bloomberg