Sentimen Testimoni Yellen, Tahan Emas Dibawah Level $1,300

RIFAN FINANCINDO -Emas menahan dibawah level harga $1,300 per ounce pasca penurunan tajam terkait spekulasi bahwa?Federal Reserve?AS akan mengurangi stimulus moneter akibat pulihnya ekonomi negeri Paman Sam tersebut.

Bullion untuk pengiriman segera berada pada level $1,290.34 per ounce pukul 11:47 siang waktu Singapura dari level kemarin $1,289.88, saat harga turun 1.4%, merupakan penurunan tajam sejak 15 April lalu, menurut harga dari Bloomberg.

Emas telah mengalami penurunan sebesar 28% di tahun 2013 lalu yang mengakhiri reli dalam 12 tahun terakhir, hal itu terkait perkiraan bahwa Federal Reserve akan mengurangi pembelian asset. Kemarin Janet Yellen menyatakan dihadapan para parlemen AS di Washington bahwa perekonomian AS masih membutuhkan stimulus meski sejumlah rilis data mendukung perkiraan akan adanya pemulihan ekonomi di tahun ini. Bank sentral telah mengumumkan pemangkasan pembelian obligasi pada setiap pertemuan yang telah berlangsung selama 4 kali.

Emas reli sebesar 7.4% sepanjang tahun 2014 ini akibat ketegangan di Ukraina yang memicu permintaan emas. Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan kepada separatis di Ukraina untuk menunda pemilu terntang otonomi dan menyatakan bahwa dia telah menarik pasukan militer Rusia dari perbatasan setelah ketegangan dalam sepekan terakhir, hal itu dilakukan akibat AS menyatakan tidak ada tanda-tanda penarikan pasukan. (bgs)

Sumber : Bloomberg