Sentimen Pelambatan Ekonomi Global, Bursa Saham Eropa Dibuka Melemah 0.7%

RIFAN FINACINDO BERJANGKA – Bursa Saham Eropa melemah ke level 2 bulan terendahnya ditengah kekhawatiran bahwa bank sentral Eropa akan menghadapi rintangan pada kebijakannya guna memulihkan perekonomian regional. Sementara Indeks Berjangka AS stagnan dan Bursa Saham Asia melemah.

Indeks Stoxx 600 melemah 0.7% ke level 324.25 pukul 8:09 pagi waktu London. PEkan ini indeks acuan tersebut telah mengalami penurunan 3.2%, mencatat penurunan tajam sejak Maret lalu, hal itu setelah IMF (International Monetary Fund) menurunkan perkiraannya akan pertumbuhan ekonomi global dan industri produksi Jerman turun tajam sejak 2009 lalu. Indeks Berjangka Standard & Poor 500 naik kurang dari 0.1%, dan Indeks MSCI Asia Pacific melemah 1.5%.

Kemarin terdapat perbedaan antara ECB dan Jerman mengenai upaya yang dilakukan guna memulihkan ekonomi Zona Eropa. Berpidato di Washington, Presiden ECB Mario Draghi berkomitmen untuk mempertahankan pelonggaran kebijakan moneter dan mendesak pemerintah dengan kebijakannya untuk melonggarkan kebijakan fiskal. Dengan adanya perbedaan, Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble memperingatkan terhadap pelonggaran kuantitatif AS dan mendesak melanjutkan disiplin anggaran.

Para investor akan mengkaji indikator ekonomi terkait outlook akan kebijakan stimulus saat Wakil Presiden ECB Vitor Constancio dan anggota Dewan Eksekutif Peter Praet berpidato pada Institute of International Finance di Washington. (bgs)

Sumber : Bloomberg