Sentimen Konsumen di AS Tak Terduga Naik

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kepercayaan konsumen di AS tak terduga naik pada bulan Oktober ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir, menunjukkan pencerahan dalam suasana hati warga Amerika karena harga gas turun dan pasar tenaga kerja menaikkan daya tariknya.

Indeks sentimen awal?Thomson Reuters / University of Michigan?untuk bulan ini menguat menjadi 86,4, level terkuat sejak Juli 2007, dari pembacaan akhir 84,6 pada bulan September. Proyeksi rata-rata dalam survei Bloomberg dari 67 ekonom menyerukan 84.

Penguatan pekerjaan berada pada kecepatan untuk tahun terkuat sejak 1999 dan harga gas yang lebih murah membuat rumah tangga optimis tentang ekspansi ekonomi di tengah pelemahan di Eropa dan negara-negara berkembang. Kenaikan upah yang lebih cepat dan lebih banyak perbaikan berbasis luas di pasar tenaga kerja lebih lanjut akan membantu memacu belanja konsumen yang membentuk sekitar 70 persen dari perekonomian.

Perkiraan dalam survei Bloomberg berkisar antara 81 sampai 87. Indeks rata-rata 89 dalam lima tahun sebelum Desember 2007, ketika resesi terakhir dimulai, dan 64,2 selama 18 bulan kontraksi berikutnya.(frk)

Sumber : Bloomberg