Sentimen Konsumen di AS Naik pada Bulan Januari ke Level Tujuh Bulan Tertinggi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kepercayaan konsumen AS naik pada bulan Januari ke level tertinggi dalam tujuh bulan seiring ?inflasi yang rendah membantu menyokong rumah tangga, yang prospek keuntungan upahnya tetap stabil.

Indeks sentimen awal Universitas Michigan naik ke angka 93,3, yang merupakan angka tertinggi sejak Juni, dari angka 92,6 pada bulan Desember. Proyeksi median dalam survei Bloomberg memperkirakan angka 92,9. Indeks itu rata-rata berada di angka 92,9 tahun lalu. Tahun 2015 merupakan kinerja tahunan terbaik sejak 2004. Kenaikan bulan lalu itu dibantu oleh mereka yang membuat penghasilan lebih dari $ 75.000 per tahun.

Tingkat inflasi Amerika ‘diproyeksikan? selama tahun depan turun ke level terendah sejak 2010, membantu memberikan konsumen penambahan daya beli. Pekerja masih menunggu tanda-tanda lebih meyakinkan dari pertumbuhan upah yang lebih kuat, yang tetap sulit dipahami bahkan seiring tingkat pengangguran tetap berada pada level yang rendah dalam lebih dari tujuh tahun.

“Optimisme Konsumen sekarang tergantung pada kelanjutan dari tingkat inflasi yang luar biasa rendah,” Richard Curtin, direktur survei konsumen University of Michigan, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Perkiraan kepercayaan konsumen dalam survei Bloomberg dari 65 ekonom berkisar di antara angka 89-95.

Indeks kondisi saat ini, yang mengukur persepsi Amerika dari keuangan pribadi mereka, turun ke angka 105,1 dari angka 108,1 pada bulan sebelumnya.

Indeks ekspektasi enam bulan dari sekarang meningkat ke angka 85,7, tertinggi sejak Juni, dari angka 82,7. (sdm)

Sumber: Bloomberg