Selloff Dalam Komoditi Serta Menguatnya Yen Telah Meyeret Turun Bursa Asia

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Asia jatuh sebelum keputusan kebijakan Federal Reserve karena aksi jual dalam komoditas menekan saham material dan yen menekan eksportir Jepang.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4 persen menjadi 126,42 pada pukul 09:00 pagi di Tokyo. Indeks Topix Jepang turun 0,7 persen setelah yen menguat 0,6 persen terhadap dolar pada Selasa kemarin, karena saham-saham global melemah dengan minyak mentah dan aset pasar negara berkembang. Kongres Nasional Rakyat China berakhir pada hari Rabu, sementara The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga untuk tidak berubah pada akhir pertemuan dua harinya.

Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,2 persen. BHP Billiton Ltd turun 1,8 persen dan merupakan salah satu yang terbesar menyeret indeks ekuitas daerah setelah Bloomberg Commodity Index jatuh ke level terendah satu minggu.

Indeks S&P/NZX 50 Selandia Baru turun 0,1 persen. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,2 persen.

Kontrak pada indeks Hang Seng Hong Kong tergelincir 0,2 persen di sebagian besar perdagangan terakhir, sementara kontrak pada indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,5 persen. Saham Shanghai juga menguat pada akhir perdagangan Selasa di tengah spekulasi intervensi state-backed funds untuk mendukung pasar selama pertemuan kebijakan tahunan.(frk)

Sumber: Bloomberg