Sektor Komoditas Kirim Saham Eropa ke Wilayah Positif

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa rebound dari penurunan terbesar dalam dua minggu menyusul pemulihan pada minyak mentah dan harga komoditas, dan investor mengabaikan kekhawatiran kenaikan suku bunga Federal Reserve pada awal Juni nanti akan menggagalkan pemulihan ekonomi AS.

Saham perusahaan terkait pertambangan membukukan kenaikan terbesar dari 19 kelompok industri yang ada pada Stoxx 600 Index Eropa seiring melonjaknya harga logam. Saham energi juga menguat dengan harga minyak yang menuju kenaikan mingguan kedua.

Stoxx 600 bertambah 1 persen ke level 337,39 pada pukul 08:19 pagi waktu London, menuju kenaikan mingguan sebesar 0,8 persen. Saham jatuh kemarin imbas penurunan saham komoditi dan menit dari pertemuan terakhir The Fed yang menunjukkan pejabat siap untuk menaikkan suku bunga bulan depan jika ekonomi terus membaik.

Reli saham Eropa dari level rendah Februari terhenti sejak mencapai posisi tertinggi tiga bulan pada bulan April di tengah kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan global, bervariasinya laporan laba dan efektifitas kebijakan bank sentral. Sementara keuntungan di bank mendorong Stoxx 600 ke level tertinggi sejak 2 Mei pada hari Rabu, indeks masih menjalani bulan tanpa membukukan keuntungan harian setidaknya 1 persen. indeks ini turun 3,7 persen sejak level puncak yang diraih baru-baru ini.

Di antara saham bergerak pada berita perusahaan, Ladbrokes Plc melonjak 7 persen setelah lembaga pengawasan persaingan Inggris mengatakan perusahaan dan saingan Coral Grup mungkin harus menjual sebanyak 400 toko untuk mendapatkan persetujuan merger yang akan menciptakan jaringan toko judi terbesar Inggris. (sdm)

Sumber: Bloomberg