Saham Maskapai Jepang Angkat Indeks Topix Pada Sesi Penutupan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks Topix Jepang naik untuk pertama kalinya dalam tiga hari karena maskapai penerbangan memimpin kenaikan terkait prospek harga bahan bakar yang lebih murah karena minyak diperdagangkan mendekati level terendah 11-tahun. Toshiba Corp anjlok untuk hari kedua.

Indeks Topix naik dengan 0,2% menjadi 1,533.60 pada sesi penutupan di Tokyo, berayun dari sesi pagi yang turun sebesar 0,3%. Nikkei 225 Stock Average turun 0,2% menjadi 18,886.70. Minyak mentah Brent menghentikan penurunan yang mendekati harga terendah sejak pertengahan tahun 2004, sementara harga logam pulih setelah China mengisyaratkan mungkin meningkatkan program stimulusnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Pasar saham Jepang akan ditutup Rabu untuk hari libur nasional.

Toshiba turun 12%, membawa nya turun selama dua hari menjadi 21%, setelah produsen elektronik tersebut memperkirakan rekor kerugian bersih sebanyak 550 miliar yen ($ 4,5 miliar) untuk tahun fiskal berjalan karena berusaha untuk mengatasi dampak dari pada skandal akuntansi. Ini membukukan penurunan tertajam pada Nikkei 225.

Produsen komponen elektronik Mitsumi Electric Co melonjak 9,9%, naik untuk hari kedua, setelah pihaknya mengumumkan rencana untuk bergabung dengan Minebea Co pada 2017 menadatang. Saham Minebea turun 4,1%.

Perusahaan farmasi mencatat gain. Eisai Co naik 1% setelah Goldman Sachs Group Inc menaikkan ratingnya. PeptiDream Inc melonjak 7% setelah mengumumkan kerjasama penelitian dengan Genentech Inc

McDonald Holdings Co Ltd Jepang anjlok 7,9% setelah Nikkei melaporkan perusahaan AS tersebut sedang mempertimbangkan menjual sebanyak sepertiga dari unit sahamnya di Jepang.

saham Maskapai dan transportasi membukukan gain terbesar di antara 33 kelompok industri pada indeks Topix. Japan Airlines Ltd naik 2,7% dan West Japan Railway Co melonjak 3,9%.(yds)

Sumber: Bloomberg