Saham Jepang Turun Terkait Yunani Menunda Pembayaran IMF

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Jepang turun, diikuti penurunan global, setelah Yunani menjadi negara pertama yang menunda pembayaran kepada Dana Moneter Internasional sejak tahun 1980-an seiring perjanjian dengan kreditur sudah sampai titik genting.

Indeks Topix turun 0,6 % ke level 1,663.62 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, menuju penurunan mingguan pertama dalam sebulan terakhir. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,5 % ke level 20,396.35. Indeks MSCI World turun ke level terendahnya dalam sebulan terakhir setelah Perdana Menteri Yunani Alex Tsipras menolak tuntutan negaranya melanjutkan reformasi fiskal dalam pertukaran untuk dana bailout dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan “kami masih jauh dari mencapai kesimpulan.”

Yunani pada Kamis kemarin mengatakan IMF akan menunda pembayaran utang sekitar $ 339 juta yang jatuh tempo pada Jumat ini, mengirimkan permintaan dana tersebut untuk total pembayaran sebesar $ 1,7 miliar karena bulan ini masuk dalam pembayaran pertama.

Yunani juga menolak usulan terbaru dari kreditor internasional, dengan Departemen Keuangan mengatakan rencana “tidak mencapai kesepakatan” dan kesepakatan memerlukan “konvergensi langsung dari lembaga untuk lebih realistis”.

Kontrak E-mini pada Indeks Standard & Poor 500 merosot 0,1 % setelah ukuran yang mendasari kemarin melemah 0,9 % ke level sebulan terendah di New York. (knc)

Sumber : Bloomberg