Saham Jepang Turun Dari Level Enam Tahun Tertinggi Pasca Liburan Nasional

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang turun untuk pertama kalinya dalam enam hari terakhir, menyeret indeks Topix dari level tertingginya dalam enam tahun terakhir, karena pasar dibuka kembali pasca liburan nasional dan mata uang yen menguat.

Saham Honda Motor Co, produsen mobil yang mendapatkan lebih dari 80 persen dari penjualan di luar negeri, turun sebesar 0,9 persen. Saham Tokyo Dome Corp, yang beroprasi membuat stadion bisbol, turun sebesar 1,6 persen pasca memperkirakan penurunan labanya dalam setahun penuh. Operator nirkabel SoftBank Corp, yang memiliki saham di Alibaba Group Holding Inc, naik sebesar 3,8 persen pasca perusahaan e-commerce terbesar di China tersebut menaikkan jumlah itu untuk mencari penawaran umum perdana.

Indeks Topix turun sebesar 0,3 persen ke level 1,309.88 pada istirahat perdagangan sesi 1 di Tokyo, dengan banyak saham jatuh saat satu saham yang naik. Langkah ini ditutup pekan lalu yang merupakan level tertingginya sejak Juli 2008 silam. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,3 persen ke level 15,895.32 pada hari ini. Mata uang yen naik sebesar 0,2 persen ke level 107,02 per dolar pasca mendapatkan 0,1 persen kemarin. Federal Reserve akan memulai pertemuan kebijakan dalam dua hari kedepan.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 stagnan. Acuan ekuitas turun sebesar 0,1 persen kemarin pasca turun sebesar 0,6 persen pada 12 September kemarin. saham Internet dan saham topi kecil turun kemarin, mengirimkan Indeks Nasdaq Composite mendekati level satu bulan terendahnya, karena investor menjual beberapa saham berkinerja terbaik pada pasar Bulish. (vck)

Sumber: Bloomberg