Saham Jepang Turun 3,3 % Pada Sesi Break Perdagangan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh untuk hari kedua setelah penurunan terbesar dua hari dalam minyak di hampir tujuh tahun terakhir membawa aksi jual pada aset global berisiko dan karena para investor yang menimbang laba.

Indeks Topix turun 3,3 persen menjadi 1,404.75 pada istirahat perdagangan di Tokyo, saat kekhawatiran investor tentang laju pertumbuhan ekonomi global menyapu bersih sebagian besar keuntungan dari reli singkat setelah keputusan mengejutkan dari Bank of Jepang pada hari Jumat untuk meningkatkan stimulus. Semua 33 kelompok industri Topix jatuh. Nikkei 225 Stock Average kehilangan 3,1 persen menjadi 17,194.17. Yen diperdagangkan pada 119,65 per dolar, penguatan untuk hari ketiga.

Broker memimpin penurunan, dengan Nomura Holdings Inc. turun sebesar 11 persen, berada di jalur untuk penurunan terbesar dalam lebih dari empat tahun, setelah melaporkan penurunan sebesar 49 persen pada laba kuartal ketiganya.

Saham komoditas turun setelah harga minyak mentah ditutup turun tajam sebesar 11 persen selama dua hari pada Selasa kemarin di New York. Harga tersebut kembali jatuh pada Rabu ini. Indeks Topix Mining, yang mencakup penjelajah energi seperti Inpex Corp, telah merosot 17 persen tahun ini, mengikuti penurunan harga minyak mentah. Inpex turun 2,6 persen pada Rabu.(mrv)

Sumber: bloomberg