Saham Jepang Terapresiasi Seiring Penurunan Yen Pasca Komentar Yellen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik mengirim indeks acuan ditutup di level tertinggi dalam sebulan tertingginya, akibat tumbuhnya kepercayaan konsumen AS mendorong kenaikan tingkat suku bunga mengirim dolar melambung lebih tinggi terhadap yen, saham eksportir menguat.

Indeks Topix naik ssebesar 1,2 persen ke level 1,366.01 di Tokyo, tertinggi sejak 27 April lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 1,4 persen ke level 17,068.02. Sementara itu, yen Jepang melemah 0,9 persen ke level 111,28 per dolar pasca Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan perbaikan yang sedang berlangsung di ekonomi AS akan menjamin kenaikan suku bunga yang lebih tinggi “dalam beberapa bulan mendatang.”

Indeks Topix telah kembali rebound sekitar 14 persen dari level terendah terendahnya pada Februari lalu di tengah optimisme kenaikan suku bunga AS tidak akan berdampak negatif pada perekonomian global dan spekulasi Jepang yang akan menunda kenaikan pajak penjualan dari yang direncanakan yang dituding sebagai penghambat pertumbuhan.

Yellen berhenti memberikan petunjuk eksplisit bahwa bank sentral akan menaikan suku bunganya pada pertemuan berikutnya pada 14-15 Juni mendatang. Serangkaian pidato oleh para pejabat The Fed, rilis risalah pertemuan dari pertemuan kebijakan mereka pada bulan April, dan data ekonomi yang relatif kuat telah meningkatkan harapan para investor kenaikan suku bunga akan dilakukan pada bulan Juni atau pada bulan Juli.

Kemungkinan The Fed AS akan menaikkan biaya pinjaman pada bulan Juni melonjak menjadi 30 persen dari 4 persen pada dua minggu lalu, sementara pedagang melihat kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Juli sebesar 54 persen. Dolar naik ke level tertingginya terhadap mata uang Jepang sejak 28 April kemarin pada hari ini, menghapus hampir semua kenaikan yen pasca Bank of Japan (BOJ) mengecewakan investor bulan lalu dengan berpantang stimulus.

Yen melemah didorong sektor eksportir, dengan Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co berkontribusi paling besar terhadap kenaikan indeks Topix. Saham Nissan Motor Co melonjak sebesar 3,8 persen pasca broker termasuk UBS Group AG dan Nomura Holdings Inc menaikkan target harga mereka pada saham pembuat mobil itu. Saham Mazda Motor Corp naik 3,7 persen, sementara TDK Corp, pemasok Apple Inc yang mendapat lebih dari 90 persen dari pendapatan luar negeri, naik 2,4 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg