Saham Jepang Rally Untuk Pertama Kalinya di Sesi Penutupan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang rebound dari level 2 bulan terendah setelah pelemahan yen dan ekuitas global melonjak menyusul menguatnya harga minyak dan seiring para investor menunggu hasil keputusan kenaikan suku bunga AS untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir.

Indeks Topix naik 2,5 % ke level 1,540.72 pada penutupan perdagangan di Tokyo, kenaikan pertama dalam 3 hari terakhir dan lonjakan terbesar sejak 30 September. Semua kelompok industri kecuali 1 dari 33 kelompok industri mengalami kenaikan, dipimpin oleh broker dan perusahaan mobil. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 2,6 % ke level 19,049.91. Sementara itu, Yen turun 0,2 % ke level 121,86 per dolar setelah kemarin tergelincir 0,5 %, meningkatkan prospek pendapatan pada sektor ekspor.

Saham Toyota Motor Corp, perusahaan produsen mobil terbesar di dunia, naik 3,9 %, menjadi dorongan kenaikan terbesar pada Indeks Topix. Perusahaan operator ponsel, NTT DoCoMo Inc melonjak 6,5 % untuk memimpin keuntungan pada Indeks Nikkei 225, sementara saingannya KDDI Corp menguat 5,1 %. Perusahaan penjelajah minyak, Inpex Corp naik 2,8 %, kinerja terbaik di lebih dari sebulan terakhir. Saham Japan Airlines Co menurun 2,3 % setelah kantor berita France-Presse melaporkan maskapainya akan menghentikan penerbangan antara Tokyo dan Paris karena menurunnya permintaan dengan tujuan negara tersebut menyusul serangan teroris pada bulan lalu di ibukota Perancis. (knc)

Sumber : Bloomberg