Saham Jepang Perpanjang Penurunan Jelang Laporan Pekerjaan AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh, dengan Indeks Topix memperpanjang penurunan mingguan ketiga, setelah laporan menunjukkan pertumbuhan manufaktur AS ke level terendah sejak 2013 lalu. Perusahaan pembuat baja dan produsen elektronik memimpin penurunan.

Indeks Topix turun 0,7 % ke level 1,433.36 pada pukul 09:02 pagi waktu Tokyo, menuju penurunan mingguan sebesar 1,4 %. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,8 % ke level 17,588.24. Sementara yen menguat 0,1 % ke level 119,84 per dolar. Indeks Institute for Supply Management (ISM) pabrik menunjukkan manufaktur AS hampir tidak bergerak pada bulan September diiringi penguatan dolar dan goyahnya pasar luar negeri menyebabkan melambatnya pesanan sejak November 2012. Data pertumbuhan pekerjaan di ekonomi terbesar dunia akan dirilis hari ini.

Pejabat Bank of Japan (BOJ) melihat adanya sedikit perluasan dari stimulus moneter dan akan lebih memilih untuk menunda dari prospek ekonomi, menurut orang-orang yang akrab dengan pembahasan mereka. Anggota dewan yang berkumpul dalam pertemuan kebijakan minggu depan ingin mengamati data ekonomi lebih lanjut dan perkembangan di pasar keuangan dalam dan luar negeri, menurut orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena pembicaraan bersifat pribadi. (knc)

Sumber : Bloomberg