Saham Jepang Naik, Yen Melemah Lawan USD

RIFAN FINANCINDO – Saham Tokyo naik, dengan indeks Topix menuju enam pekan tertinggi, karena penurunan yen mendorong eksportir di tengah harapan untuk paket stimulus pemerintah Jepang.

Indeks Topix naik 0.8% menjadi 1,341.09 pada sesi istirahat di Tokyo, berada di jalur untuk penutupan tertinggi sejak 8 Juni. Yen diperdagangkan pada 107.12 per dolar pada Kamis setelah turun 0,7% di hari sebelumnya. Perdana Menteri Shinzo Abe sedang mengkaji ? 20 triliun ($ 187 miliar) stimulus fiskal, hampir dua kali lipat dari rencana sebelumnya, untuk melawan kemungkinan efek keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, Kyodo News melaporkan, mengutip dari seorang analis.

Nikkei 225 Stock Average naik 1,1% pada hari Kamis.

Produsen mobil dan mesin alat listrik merupakan dorongan terbesar untuk Indeks Topix, dengan semua tapi delapan dari 33 kelompok industri meningkat.

Nintendo Co naik 3,6% pada hari Kamis setelah menurun tajam dalam lima tahun kemarin. saham telah meningkat 100% sejak merilis aplikasi game seluler Pokemon Go pada 6 Juli.

McDonald Holdings Co (Jepang) melonjak 5,3%, reli untuk hari kelima, karena pihak perusahaan mengatakan akan berkolaborasi dengan Nintendo pada game Pokemon Go.

Mitsumi Electric Co naik tajam di Nikkei 225, menambahkan 14% dan memimpin gain pada produsen peralatan listrik.

Perusahaan biofarmasi Peptidream Inc naik 4,4% setelah menandatangani perjanjian lisensi dengan Roche Holding AG terkait sistem peptida penemuannya.(Bloomberg)
Sedangkan Yen melemah terhadap mata uang rivalnya, menyentuh level rendah enam pekan terhadap dolar, selama perdagangan Asia pada Kamis ini, pada harapan untuk langkah kebijakan yang kuat di Tokyo pada akhir bulan ini.

AS dolar lebih tinggi pada ?106,94, dibandingkan dengan ?106,89 akhir Rabu di New York. Sebentar greenback menyentuh level ?107,49 dalam perdagangan pertengahan pagi, tertinggi sejak 7 Juni sebelum stabil di atas ?107-sesi tengah hari.

Euro lebih tinggi pada 118,01 ? dari ? 117,76, sedangkan pound menjadi ?141,48 dari ?141,21.

Menjelang pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa hari Kamis, euro di level $1,1033 dari $1,1017.

Indeks WSJ Dollar yang menelusuri dolar terhadap sekumpulan mata uang utama, naik 0,02% pada 88,01.(marketwatch)

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.