Saham Jepang Naik untuk Pertama Kalinya dalam 3 Hari di tengah Stabilitas Cina

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik untuk pertama kalinya dalam tiga hari setelah kembalinya stabilitas di pasar China. Produsen ban memimpin kenaikan, sementara pemasok untuk Apple Inc. menurun.

Indeks Topix naik 0,6 persen ke level 1,513.10 pada pukul 09:03 pagi waktu Tokyo, dengan semua kecuali lima dari 33 kelompok industri yang ada naik. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,4 persen ke level 18,444.15. Yen diperdagangkan pada level 119,11 per dolar, mendekati level tertinggi dua bulan. Pasar stabil pada hari Selasa setelah suntikan dana pemerintah China untuk saham di pasar lokal, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini. Shanghai Composite Index memotong kerugian sebanyak 3,2 persen untuk ditutup 0,3 persen lebih rendah.

E-mini futures pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir kurang dari 0,1 persen pasca indeks ini naik 0,2 persen pada Selasa.

Apple, yang mrupakan perusahaan dunia yang paling bernilai, jatuh 2,5 persen ke level terendah sejak Oktober setelah surat kabar Nikkei melaporkan pemotongan hampir sepertiga produksi model terbaru iPhone. Perusahaan suplier Japan Display Inc kehilangan 2,6 persen dan Alpen Electric Co turun 3,4 persen. (sdm)

Sumber: Bloomberg