Saham Jepang Naik untuk Hari Kedua Dengan Pelemahan Yen Naikkan Eksportir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik untuk hari kedua seiring melemahnya yen mendorong prospek pendapatan bagi eksportir. Pengembang, perusahaan consumer finance dan pengecer maju.

Indeks Topix naik 0,5 persen ke level 1,594.95 pada pukul 12:38 siang waktu Tokyo dengan semua kecuali tujuh dari 33 kelompok industri? yang terdaftar naik. Dolar menguat untuk hari kedua terhadap yen pada hari Selasa menyusul kuatnya data inflasi AS mendorong spekulasi perekonomian Amerika dapat menahan suku bunga yang lebih tinggi. Investor menunggu hasil dari kajian kebijakan Bank of Japan pada Kamis, setelah rilis laporan Rabu dari pertemuan terakhir Federal Reserve.

Advantest Corp, yang memproduksi pengujian perangkat-chip, melonjak 59 persen dan Mitsubishi Electric Corp naik 2,6 persen setelah Macquarie Group Ltd mengangkat rating investasi pada kedua perusahaan. Hitachi Metals Ltd naik 4,8 persen setelah Credit Suisse Group AG menaikkan rating pada pembuat produk baja. Tohoku Electric Power Co jatuh 7,2 persen setelah mengatakan akan menjual ? 120 miliar ($ 973 juta) dari obligasi konversi. (sdm)

Sumber: Bloomberg