Saham Jepang Naik Terkait Melemahnya Yen Pasca Kebijakan The Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang naik terkait melemahnya yen pasca penegasan dari The Fed bahwa hambatan untuk menaikkan suku bunga tahun ini semakin kecil.

Indeks Topix naik 0,8 persen menjadi 1,646.58 pada 09:01 pagi di Tokyo, dipimpin oleh laba perusahaan penerbangan terkemuka sementara perusahaan pertanian mengalami penurunan. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,7 persen menjadi 20,451.79. Yen diperdagangkan pada 123,95 per dolar setelah melemah 0,3 persen pada Rabu kemarin, ketika para pembuat kebijakan Fed mengatakan bahwa sektor tenaga kerja dan pasar perumahan di AS meningkat, sementara mereka sendiri masih menahan diri dari memberikan pertanda yang jelas untuk waktu kenaikan suku bunga.

AS akan melaporkan gross domestic product kuartal keduanya pada hari ini, dengan ekonom berharapnya ekonom akan pertumbuhan tahunan sebesar 2,5 persen, atau pulih dari kontraksi sebesar 0,2 persen pada kuartal sebelumnya.

Produksi industri di Jepang naik 2 persen pada Juni dan tahun sebelumnya, diluar perkiraan ekonom untuk kenaikan 1,3 persen,yang ditunjukan oleh pembacaan awal pada hari Kamis. Hal tersebut diikuti oleh penurunan 3,9 persen di bulan Mei.(mrv)

Sumber: Bloomberg