Saham Jepang Naik Ditengah Tingginya Harga Minyak Jelang Keputusan The Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang dibuka naik untuk hari kedua seiring reli pada sektor energi di harga minyak mentah yang lebih tinggi, dan karena investor masih menunggu keputusan The Fed atas suku bunga AS.

Indeks Topix naik 1 persen menjadi 1,486.72 pada 09:02 pagi di Tokyo, dengan semua kecuali satu dari 33 kelompok industrinya meningkat. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,1 persen menjadi 18,379.16. The Fed akan mengumumkan ulasan mengenai suku bunganya pada Kamis ini.

Indeks berjangka Standard & Poor 500 melemah 0,2 persen setelah indeks ekuitas tersebut mengalami kenaikan 0,9 persen pada Rabu kemarin, ditutup pada level tertingginya dalam empat minggu terakhir.

Meningkatnya spekulasi bahwa The Fed akan menunda kenaikan suku bunganya terkait China yang memicu kekhawatiran bahwa perlambatannya dapat membebani pertumbuhan global. Sementara investor tetap yakin bahwa bank sentral akan menaikkan biaya pinjamannya pada tahun ini, para pedagang memberikan perkiraan kemungkinan sebesar 28 persen untuk aksi yang akan dilakukan pada hari ini, atau turun dari perkiraan kemungkinan sebesar 50 persen yang diberikan sebelum China mendevaluasi mata uangnya pada bulan lalu. Peluang untuk pengambilan langkah pada pertemuan Desember nanti adalah sekitar 64 persen.(mrv)

Sumber : Bloomberg