Saham Jepang Naik Berkat Kombinasi Pelemahan Yen dan Spekulasi Brexit

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa Jepang naik, dipimpin indeks Topix dengan kenaikan terbesar dalam lebih dari dua bulan, menyusul yen melemah di tengah menguatnya spekulasi bahwa Inggris akan memilih untuk tetap di Uni Eropa.

Indeks Topix melonjak 2,3 persen ke level 1,279.19 pada akhir perdagangan di Tokyo hari ini, meraih kenaikan tertajam sejak 19 April. Indeks ini mengalami penurunan 6 % pekan lalu, yang merupakan penurunan terbesar dalam sekitar empat bulan. Nikkei 225 Stock Average meningkat 2,3 % ke level 15,965.30. Yen tergelincir 0,5 persen ke level 104,61 per dolar setelah enam hari mengalami keuntungan.

Peluang bet ‘dari voting Inggris pada 23 Juni untuk keluar dari blok 28-negara jatuh menjadi sekitar 32 % Minggu, polling dari Survation untuk koran Mail on Sunday menunjukkan 45 persen orang mendukung “Bertahan”, ??sementara 42 persen setuju untuk “Keluar.” Jajak pendapat terbaru ini merupakan yang pertama sejak pembunuhan anggota parlemen pro-Eropa Jo Cox minggu lalu.

Semua 33 kelompok industri yang pada indeks Topix berada di wilayah positif, dipimpin oleh saham perusahaan minyak dan real estate. Eksportir termasuk produsen alat listrik dan mobil memberikan kenaikan terbesar untuk indeks ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg