Saham Jepang Menuju Mingguan Terbaik Berkat Pelemahan Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang melonjak untuk hari ketiga, menuju kenaikan mingguan terbaik mereka sejak pertengahan Februari, seiring yen diperdagangkan mendekati level terendah dalam seminggu, meningkatkan prospek pendapatan ekspor.

Indeks Topix naik 2,1 persen ke level 1,360.15 pada istirahat perdagangan di Tokyo hari ini, menambah kenaikan Rabu yang merupakan kenaikan terbesar sejak 2 Maret dan berada di jalur untuk lonjakan 5,6 persen pekan ini. Delapan saham naik untuk setiap satu yang jatuh. Nikkei 225 Stock Average menambahkan 2,5 persen ke level 16,782.02. Yen diperdagangkan pada level 109,37 per dolar, mempertahankan penurunan dua hari setelah mendaki pada hari Senin ke level terkuat sejak Oktober 2014. Dolar merasakan penguatan tiga minggu terbesar pada Rabu, menyusul pasar saham global menghapus kerugian untuk tahun ini. Volume perdagangan di Topix yakni 13 persen di atas 30-hari intraday rata.

Keseluruhan dari 33 kelompok industri yang ada di Topix naik. Eksportir termasuk pembuat alat listrik dan pembuat mobil berada di antara saham dengan peningkatan terbesar dalam indeks itu. Toyota Motor Corp naik 2,2 persen, sementara Murata Manufacturing Co., yang memproduksi komponen elektronik, bertambah 2,6 persen. Aeon Co melonjak 3,6 persen setelah jaringan supermarket itu mengumumkan laba operasi tahun penuh sebesar 177 miliar yen (US $ 1.6 miliar), mengalahkan perkiraan sebesar ? 162 miliar.

Gulliver International Co merosot 13 persen setelah peritel mobil bekas itu melaporkan laba operasi setahun penuh yang meleset perkiraan. (sdm)

Sumber: Bloomberg