Saham Jepang Menuju Kenaikan Mingguan Terbesar Pasca Pertemuan The Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik, bersiap untuk kenaikan mingguan terbesar sejak Juli lalu, setelah risalah pertemuan Federal Reserve yang menunjukkan bahwa bank sentral tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga.

Indeks Topix naik 1 % ke level 1,496.15 pada pukul 09:02 pagi waktu Tokyo, menuju kenaikan mingguan sebesar 3,5 %. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 1 % ke level 18,312.71. Saham global mengalami kenaikan untuk hari kedelapan setelah harga minyak mencapai level $ 50 per barel untuk pertama kalinya sejak bulan Juli seiring pejabat The Fed mencatat bahwa sementara pertumbuhan ekonomi AS terus membaik, gejolak pasar dan ancaman pelemahan di luar negeri menjadi alasan untuk tetap menjaga kenaikan suku bunga mendekati nol.

Risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada 16-17 September lalu yang menunjukkan pembuat kebijakan yakin terhadap perekonomian AS terkait tingkat pengangguran, belanja konsumen dan penjualan di sektor perumahan hasilnya menggembirakan. Namun, ancaman dari luar negeri cukup bagi para pejabat untuk menunda kenaikan suku bunga di tengah kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi China melambat yang akan membebani pasar negara berkembang, sehingga penguatan dolar dan menyeret perlambatan ekonomi seiring menurunnya ekspor AS.

Spekulasi pembuat kebijakan akan menahan diri dari pengetatan kebijakan tahun ini memicu peningkatan permintaan untuk aset berisiko seperti minyak dan ekuitas. Indeks MSCI All-Country World naik untuk hari kedelapan pada hari Jumat, menuju pekan terbaiknya sejak November 2012.

Kontrak E-mini pada Indeks Standard & Poor 500 turun tipis kurang dari 0,1 % setelah indeks yang mendasari ditutup di atas level 2.000 untuk pertama kalinya sejak aksi jual pada pertengahan Agustus lalu. (knc)

Sumber : Bloomberg