Saham Jepang Menguat untuk Hari Ketiga Seiring Pelemahan Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik untuk hari ketiga seiring pelemahan mata uang yen ke level terendahnya dalam hampir 2 minggu terakhir di tengah optimisme kesepakatan bailout atas Yunani. Perusahaan asuransi memimpin kenaikan pada Indeks Topix.

Indeks Topix naik 1,5 % ke level 1,637.02 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo setelah kemarin menguat 1,9 % menuju kenaikan terbesarnya pada tahun ini. Sedangkan Indeks Nikkei 225 Stock Average meningkat 1,3 % ke level 20,347.96. Sementara itu, Yen turun 0,1 % ke level 123,59 per dolar setelah kemarin jatuh 0,5 %. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menyerah kepada tuntutan Eropa untuk segera bertindak guna memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sebesar 86 miliar euro ($ 95 miliar) yang ia butuhkan untuk menjaga negaranya tetap berada di zona euro.

Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah setelah saham-saham yang mengukur kemarin naik 1,1 % untuk saham berskala kecil mengalami reli tertingginya dalam 3 hari terakhir pada tahun ini.

Bank of Japan (BOJ) memulai pertemuan kebijakan pada hari Selasa selama 2 hari ke depan, dengan 2 dari 35 analis yang disurvei oleh Bloomberg mengharapkan perluasan stimulus. (knc)

Sumber : Bloomberg