Saham Jepang Menguat terkait Data Ekonomi AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Jepang naik, kupas penurunan mingguan kedua pada indeks Topix, seiring yen melemah terhadap dolar dan data penjualan ritel AS dan pekerjaan memperkuat keyakinan dalam kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Indeks Topix naik sebesar 0,2 persen ke level 1,652.89 pukul 09:01 di Tokyo, menuju penurunan mingguan sebesar 0,9 persen. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat sebesar 0,2 persen ke level 20,423.43. Yen ditransaksikan pada level 123,58 per dolar pasca melemah sebesar 0,6 persen pada hari Kamis. Perdagangan Jepang mungkin stabil pada hari Jumat ini seiring opsi indeks ekuitas dan kontrak berjangka berakhir.

Indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,2 persen di New York pada hari Kamis kemarin pasca rilis data yang menunjukkan penjualan di pengecer naik di bulan Mei dan aplikasi untuk tunjangan pengangguran tetap di bawah 300.000 selama 14 pekan terakhir berturut-turut, menunjukan pasar tenaga kerja kian menguat. Kontrak E-mini berjangka pada Indeks S & P 500 tergelincir 0,1 persen.

Yen Jepang melemah, meskipun masih di sekitar tingkat yang sesuai untuk mencerminkan fundamental Jepang, kata Naoyuki Shinohara, seorang mantan pejabat mata uang tertinggi di kementerian keuangan. (izr)

Sumber: Bloomberg