Saham Jepang Menguat Pasca Hari Libur seiring Kenaikan Minyak untuk Hari ke 4

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik setelah libur minyak naik untuk hari keempat, mengirimkan saham energi yang lebih tinggi.

Indeks Topix naik dengan 0,1 persen ke level 1,534.83 pada istirahat peerdagangan di Tokyo, memangkas keuntungan sebanyak 0,9 persen seiring penguatan yen terhadap dolar untuk hari ketiga. Indeks itu sedang menuju kemajuan 9,1 persen tahun ini, lebih baik dari MSCI All-Country World Index yang kehilangan 3,5 persen. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,3 persen ke level 18,935.65 seiring minyak mentah bersiap untuk kemenangan beruntun terpanjang sejak April. Saham AS naik untuk hari ketiga menyusul lonjakan tertinggi saham energi dalam hampir tiga bulan.

E-mini futures pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah setelah indeks dasar naik 1,2 persen pada hari Rabu, membereikan keuntungan tiga hari untuk 2,9 persen. Indeks menghapus penurunan untuk tahun ini seiring rally energi dan produsen bahan baku.

Pasokan minyak mentah AS turun ke level 5.88 juta barel pekan lalu, penurunan terbesar sejak Juni, data pemerintah menunjukkan Rabu. Penurunan dalam persediaan minyak membantu tahap rebound terbesar sejak OPEC efektif meninggalkan batas produksi tidak berubah pada pertemuan bulan ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg