Saham Jepang Menguat Mengikuti Rally Ekuitas AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik untuk pertama kalinya di tahun ini, menyusul rally ekuitas AS seiring spekulasi bahwa meredanya kekhawatiran global terhadap China.

Indeks Topix naik 2,8 % ke level 1,441.39 pada istirahat perdagangan di Tokyo, kenaikan terbesar sejak 9 September lalu, setelah penutupan hari Selasa berada di level terendah dalam lebih dari 3 bulan terakhir untuk awalan terburuk di tahun ini. Sedangkan Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 2,7 % ke level 17,682.33.

Indeks kekuatan relatif (RSI) 14-hari pada Indeks Topix jatuh ke angka 24,4 pada hari Selasa, di bawah angka 30, beberapa pedagang mengatakan bahwa saham akan bergerak naik. Indeks saham anjlok 9,4 % dalam 6 hari pertama tahun ini.

Perusahaan pembuat ban, broker dan produsen mobil memimpin kenaikan di antara 33 kelompok industri di Indeks Topix. Perusahaan pembuat komponen elektronik, TDK Corp, Murata Manufacturing Co dan Nidec Corp melonjak setidaknya 3,9 % setelah Credit Suisse Group AG menaikkan target harga saham.

Saham Oriental Land Co, yang mengoperasikan Tokyo Disney Resort, menguat 4,8 % setelah surat kabar Nikkei mengatakan laba operasi akan pulih. Saham Nintendo Co melonjak 7 % pada harapan yang tinggi menjelang rilis smartphone permainan baru, menurut analis Hideki Yasuda di Ace Research Institute mengatakan kepada Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg