Saham Jepang Menguat ditengah Tenangnya Pasar Global

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang menguat mengirim indeks Topix menuju penguatan pertamanya pekan ini pasca pasar global kembali tenang seiring pasar saham China ditutup libur selama dua hari. Saham pertambangan pimpin penguatan.

Indeks Topix naik sebesar 1,4 persen ke level 1,486.33 pukul 09:02 pagi di Tokyo seiring penguatan 33 saham sub-industri. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 1,4 persen ke level 18,345.71. Yen ditransaksikan pada level 120,57 per dolar pasca melemah sebesar 0,8 persen pada hari Rabu. Gejolak di saham global mereda kemarin, dengan ekuitas AS melonjak pada akhir perdagangan untuk menghentikan penurunan selama dua hari terakhir pasca pada hari perdagangan terakhirnya pekan ini saham China ditutup melemah tipis sejak pertengahan Agustus.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,3 pasca indeks acuan catat kenaikan sebesar 1,8 persen pada hari Rabu. Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3 persen.

Pergolakan ekuitas global bulan lalu, dipicu oleh devaluasi China mata uangnya yang telah menghapus lebih dari $5.7 triliun dari nilai saham global di tengah kekhawatiran bahwa pelemahan di negara perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut mungkin lebih buruk daripada perkiraan analis. (izr)

Sumber: Bloomberg