Saham Jepang Membukukan Gain Bulanan Pada Hari Tersibuk Musim Laba

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang menguat, ditandai dengan kenaikan bulanan indeks Topix, karena investor menunggu hasil dari perusahaan, pada hari tersibuk di musim laba. Saham Perusahaan finansial dan perusahaan pengiriman mengalami kenaikan, sementara industri komoditas turun.

Saham Pemberi pinjaman Orix Corp yang terbesar dalam memberi dorongan untuk indeks Topix, melonjak 9,2 persen, setelah hasil kuartalannya mengalahkan perkiraan. Saham Fujifilm Holdings Corp naik 7,1 persen setelah mengumumkan rencana untuk membeli kembali sahamnya sebesar 100 miliar yen ($ 806 juta). Saham Sony Corp turun 1,5 persen meskipun memperoleh tiga kali lipat laba kuartalan. Saham Fanuc Corp turun 1,5 persen, membawa kerugian lebih dari 12 persen sejak produsen pembuat robot menurunkan prospek laba tahunannya pada Rabu kemarin.

Indeks Topix naik 0,4 persen menjadi 1,653.61 pada istirahat perdagangan di Tokyo, menuju kenaikan 1,4 persen pada Juli. Indeks Nikkei 225 Stock Average sedikit berubah pada 20,525.29, menempatkannya di jalur untuk kenaikan bulanan 1,4 persen. Lebih dari 300 perusahaan di Topix akan melaporkan hasil kuartalannya pada Jumat ini, termasuk tiga bank terbesar di negara itu dan Honda Motor Co.(mrv)

Sumber: Bloomberg