Saham Jepang Melemah Pasca Kenaikan Pada Pekan lalu

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang melemah pasca indeks Topix membukukan kenaikan mingguan tertajam dalam tujuh pekan terakhir. Perusahaan asuransi memimpin penurunan, sementara perusahaan komoditas meningkat.

Saham T&D Holdings Inc tergelincir 3,6%, memimpin penurunan diantara perusahaan asuransi. Taisho Pharmaceutical Holdings Co melemah 2,3% karena Barclays Plc menyarankan menjual unit saham produsen obat tersebut. Inpex Corp memimpin kenaikan diantara perusahaan-perusahaan minyak, naik sebanyak 1,5%. Nippon Electric Glass Co melonjak 16%, menuju kenaikan tertajam pada indeks Topix pasca laba yang melampaui proyeksi.

Indeks Topix turun 0,4% menjadi 1,583.57 pada sesi istirahat di Tokyo, membalikkan kenaikan 0,2%. Indeks tersebut naik 13% di tahun ini hingga pekan lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average tergelincir 0,1% menjadi 19,882.42, setelah sempat diperdagangkan di atas level 20.000 pada hari Jumat untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir.

Indeks berjangka E-mini pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,1%. Indeks yang mendasari naik 0,5% pada hari Jumat, melanjutkan kenaikan untuk sepekan menjadi 1,7%. JPMorgan Chase & Co, Johnson & Johnson dan Intel Corp merupakan anggota S&P 500 yang akan melaporkan laba kuartalan pekan ini.(yds)

Sumber: Bloomberg