Saham Jepang Melemah pada Hari Kedua Seiring Penguatan Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Jepang turun seiring melemahnya data ekonomi AS mengirim penurunan mata uang dolar terhadap yen, meredam prospek laba bagi sektor eksportir.

Indeks Topix turun 0,4 % ke level 1,668.33 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, turun untuk hari kedua setelah rally selama 12 hari. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0.5x % ke level 20,432.99. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 124,06 per dolar setelah kemarin menguat 0,5 %, menghentikan penurunan selama 7 hari yang dapat memicu mata uang Jepang ke level terendahnya sejak tahun 2002 silam. Data pabrik AS yang mengecewakan ditambah dengan tanda-tanda meningkatnya krisis utang Yunani, yang mengirim mata uang euro mengalami lonjakan, ditambahkan dengan penurunan greenback kemarin.

Pesanan pabrik AS pada bulan April turun 0,4 %, dibandingkan dengan penurunan 0,1 % yang diperkirakan oleh para ekonom. Itu merupakan kontraksi kedelapan dalam 9 bulan terakhir.

Euro melonjak tajam dalam 10 minggu terakhir terhadap dolar terkait kreditur Yunani yang mangatakan akan berencana untuk memecahkan kebuntuan untuk pencairan dana tambahan, yang berakhir dengan perundingan sengit pada bulan ini dengan kreditur dan mengurangi ancaman default.

Kontrak E-mini pada Indeks Standard & Poor 500 naik kurang dari 0,1 % setelah ukuran yang mendasari kemarin melemah 0,1 %? di New York. (knc)

Sumber : Bloomberg