Saham Jepang Jatuh seiring Penurunan Eksportir Imbangi Reli Bahan Baku

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang turun, dengan indeks Topix turun untuk hari kedua, setelah keuntungan di produsen komoditas diimbangi oleh penurunan eksportir seiring data menunjukkan ekonomi negara itu menyusut pada kuartal keempat.

Topix merosot 0,1 persen ke level 1,360.04 pada pukul 09:12 pagi waktu Tokyo. Nikkei 225 Stock Average kehilangan 0,2 persen ke level 16,884.61. Ekonomi Jepang berkontraksi dengan revisi tahunan 1,1 persen kuartal terakhir, lebih baik dari proyeksi ekonom untuk penurunan 1,5 persen.

Minyak mentah Brent naik di atas $ 40 per barel untuk pertama kalinya sejak Desember menyusul bersiapnya para produsen utama untuk bertemu dalam membahas pembekuan produksi dan output AS akhirnya menunjukkan tanda-tanda penurunan. Bijih besi meraih kenaikan tertinggi setelah para pembuat kebijakan China mengisyaratkan kesediaan mereka untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah. Indeks dasar ekuitas itu naik lebih tinggi pada hari Senin untuk ditutup naik 0,1 persen seiring produsen komoditas melonjak dengan minyak mentah untuk mengimbangi penurunan dalam saham teknologi dan konsumen sementara investor menilai prospek pertumbuhan China. (sdm)

Sumber: Bloomberg